Beranda | Artikel
Panggilan Yaa Bunayya
Rabu, 8 Juni 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Panggilan Yaa Bunayya adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Al-Adabul Mufrad. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. pada Senin, 6 Dzulqa’dah 1443 H / 6 Juni 2022 M.

Kajian Islam Tentang Panggilan Yaa Bunayya

Kita sampai pada قول الرجل: يا بني، لمن أبوه لم يدرك الإسلام (bab tentang panggilan seorang laki-laki kepada anak yang bapaknya meninggal dalam kondisi kafir atau  sebelum diutusnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam). Bagaimana cara kita memanggil dia? Imam Bukhari menyebutkan dengan ucapan “Yaa Bunayya (Wahai ananda).” Kita memanggilnya seakan-akan anak kita, padahal bapaknya belum sempat masuk Islam.

Ini adalah berbicara adab dalam bergaul. Islam datang untuk menyempurnakan perilaku-perilaku yang mulia, karakter-karakter yang indah, akhlak-akhlak dan budi pekerti yang baik. Dan di dalam panggilan kepada anak lain dengan panggilan “Wahai ananda” ada kandungan kasih sayang terhadapnya. Apalagi bapaknya anak tersebut mati kafir.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan:

الرَّاحمونَ يرحمُهُمُ الرَّحمنُ

“Orang yang mengasihi akan dikasih oleh Allah ‘Azza wa Jalla.”

Jadi salah satu bentuk Islam menyebarkan kasih sayang dalam kehidupan bermasyarakat adalah dengan memanggil anak yang bapaknya mati kafir dengan panggilan “Yaa Bunayya (Wahai Ananda)”. Panggilan ini untuk membesarkan hatinya seakan-akan ada bapaknya karena ada orang yang peduli kepadanya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51770-panggilan-yaa-bunayya/